28 Feb 2010

Pengaruh Ilmu Komputer , Psikologi Cognitive dan Linguistik Ergonomi terhadap IMK

Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface).


IMK dalam konteks kerja dan tugas user melibatkan :
•Desain
•Implementasi
•Evaluasi

IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu atau Yang terlibat dalam IMK adalah :
•Psikologi dan ilmu kognitif : memberikan dasar pengetahuan tentang persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
•Ergonomi : kemampuan fisik user.
•Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi.
•Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi.
•Bisnis : pemasaran.
•Desain grafis : presentasi interface.
•Dan lain-lain.

Adapun pengaruh dari beberapa bidang ilmu tersebut terhadap IMK antara lain sebagai berikut:
a.Bidang Ilmu Komputer
Dalam bidang computer, kita dapat berbicara baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk sisi perangkat keras, pastilah tidak dapat lepas dari dari pembicaraan tentang teknik elektronika, karena dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras computer. Selain perangkat keras juga perlu adanya dibekali keahlian dari sisi perangkat lunak sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi. Dengan kata lain, bidang ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem Interaksi Manusia-Komputer.

b.Bidang Ilmu Psikologi Kognitif
Dalam bidang psikologi, diharapkan agar program aplikasi yagn kita susun dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain, sebab pengguna sendiri mempunyai sifat yang beraneka ragam sehingga sebagai para perancang sistem IMK juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yagn dimilikinya agar kita dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi. Psikologi eksperimental menyediakan dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini terhadap sistem manusia-komputer.

c.Bidang Ilmu Ergonomic dan Linguistic
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yan nyaman. Bentuk fisik seperti meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja, dan beberapa aspek lain akan sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja. meski sifat dari seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan computer karena biasanya Orang yang bekerja di depan terminal komputer biasanya untuk jangka waktu yang cukup lama.
Pada saat user menggunakan komputer, seolah-olah user sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada dihadapan user. Untuk dapat melakukan dialog tentunya kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Saran komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus misalnya saja bahasa grafis, bahsa alami, bahasa menu, ataupun bahasa perintah. Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bahasa yang mencakup. Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika pengguna berurusan dengan komputer.

0 Comments:

Posting Komentar

 

(c)2010 Bembem's Note by: Haris Riswandi